Kisah Imam Ahmad bin Hambal (Imam Mazhab)

Siapa yang belum kenal Imam Ahmad Bin Hambal?  Beliau adalah salah satu imam 4 mahzab. Beliau salah seorang mujtahid mutlak pada zamannya. Ahmad bin Hambal merupakan imam 4 mahzab yang terakhir. Beliau pernah belajar dari Abu Yusuf salah seorang dari murid Abu Hanifah. Beliau juga pernah belajar dari Imam Syafii. Imam Syafii pernah berkata “Aku telah meninggalkan kota Baghdad, tidak ada yang lebih fakih dan yang lebih banyak ilmunya daripada Imam Ahmad Bin Hambal”.
Asal dan Nasab
Kakek Imam Ahmad bernama Hambal bin Hilal, kakek beliau salah seorang gubernur di kota Sarkhas, salah satu kota di negeri Khurasan. Khalifah begitu dekat dengan kakek beliau sehingga salah satu putranya diangkat menjadi panglima perang. Putra tersebut bernama Muhammad yang merupakan ayah dari Imam Ahmad bin Hambal. Ibu Imam Ahmad merupakan salah seorang putri dari Abdul Malik bin Sawadah. Imam Ahmad bin Hambal lahir di kota Baghdad pada tahun 164 H.
Ahmad bin Hambal Mencari Ilmu
Imam Ahmad bin Hambal tekun dalam menuntut ilmu. Beliau pertama tama menuntut ilmu di masjid masjid di sekitar kota Baghdad. Beliau juga pernah menuntut ilmu di kota Thartus di bagian atas Syam. Kemudian beliau menuntut ilmu di Shan’a di Yaman. Beliau berpidah pindah dari Kufah, Basrah, Madinah dan Makkah. Di setiap tempat yang ada ulama, beliau sempatkan singgah untuk menimba ilmu. Imam Ahmad bin Hambal juga pernah berguru kepada Abdullah bin Mubarak dan Imam Syafii.
Karya Ahmad bin Hambal
Imam Ahmad bin Hambal menganggap tidak perlu menulis buku. Seandainya beliau tidak memiliki pendapat seperti itu mungkin karya beliau akan banyak sekali jumlahnya. Di antara karya karya beliau :
– Musnad, yang menghimpun sekitar 40 ribu hadist.
– At Tafsir, yang menghimpun beribu ribu hadist dan atsar yang menafsirkan Al Qurnan.
– Al Muqadam wa Al Muakhar fi Al Quran.
– Jawabat Al-Quran
– Al Manasik Al Kabir wa Ash-Shagir
– Al Nash wa Al Mansukh
– Ar-Raddu ‘Ala Al- Jahmiah (Jawaban atas Jahmiah)
dan banyak fatwa-fatwa beliau yang menjadi rujukan para ulama setelahnya.
Pujian Ulama kepada Ahmad bin Hambal
Abdullah bin Al Maimuni berkata :
“Tidak ada yang lebih mulia yang pernah dilihat oleh mataku, selain Imam Ahmad bin Hambal. Tidak ada seorangpun dari Ahli Hadist yang paling mengagungkan larangan-larangan Allah dan As-Sunnah Nabi Shalallahu Alaihi wa Sallam jika benar menurutnya, dan tidak ada seorangpun yang lebih kuat dalam mengikutinya selain dari Ahmad”
Abu Bakar As-Sijistani berkata :
“Aku pernah bertemu dengan dua ratus masyayikh(guru-guru) ilmu, tidak ada satu pun yang menyerupai Imam Ahmad bin Hambal. Dia betul-betul menyelami ilmu, dan jika disebutkan suatu ilmu, dia adalah ahlinya”
Imam Asy-Syafii berkata :
“Ketika aku keluar dari Baghdad, tidak ada seorang pun yang aku tinggalkan yang lebih wara’, yang lebhi bertaqwa, yang lebih fakih, dan yang lebih berilmu daripada Imam Ahmad bin Hambal.”
Masih ada banyak pujian ulama-ulama kepada Imam Ahmad bin Hambal.
Waktu Sakit dan Wafatnya
Imam Ahmad bin Hambal sakit selama sembilan hari sebelum beliau wafat. Ketika orang-orang mengetahui beliau sakit, banyak orang yang menjenguk beliau. Beliah wafat pada hari Jumat bulan Rabiul Awal tahun 241 Hijriah. Beliau wafat pada usia 77 tahun, orang-orang yang hadir pada pemakaman beliau tidak terhitung jumlahnya. Semoga Allah memberikan rahmat Nya kepada beliau.
Oleh admin kaos muslim @kaosbapaksholeh

Comments

Popular Posts